Paparan cahaya terang di malam hari tingkatkan risiko terkena diabetes

Paparan cahaya terang di malam hari dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes, demikian menurut sebuah penelitian terbaru. Penelitian ini menunjukkan bahwa paparan cahaya terang di malam hari dapat mengganggu ritme alami tubuh dan mengganggu produksi hormon insulin.

Studi tersebut menemukan bahwa orang yang tinggal di lingkungan dengan cahaya terang di malam hari memiliki risiko terkena diabetes yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tinggal di lingkungan dengan cahaya yang lebih redup. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa paparan cahaya terang di malam hari dapat menyebabkan gangguan pada siklus tidur dan bangun tubuh, yang pada gilirannya dapat mengganggu produksi hormon insulin.

Selain itu, paparan cahaya terang di malam hari juga dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh, hormon yang dapat memengaruhi kadar gula darah. Kadar gula darah yang tidak terkendali dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Untuk mengurangi risiko terkena diabetes akibat paparan cahaya terang di malam hari, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, cobalah untuk mengurangi paparan cahaya terang di malam hari dengan mematikan lampu atau mengurangi penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur. Kedua, usahakan untuk tidur dalam kegelapan yang total, karena cahaya terang dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang penting untuk kesehatan tubuh.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, diharapkan risiko terkena diabetes akibat paparan cahaya terang di malam hari dapat dikurangi. Penting untuk selalu memperhatikan pola tidur dan lingkungan tidur agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

You may also like